Perbandingan New Toyota Fortuner dengan Pajero Sport

Kemunculan Pajero Sport membuat Toyota mencari cara agar bisa bersaing. Munculnya Fortuner membuat Toyota sudah berada di garis yang sama dengan Pajero Sport dalam urusan SUV. Untuk eksterior dan interior Toyota Fortuner terbaru mendapatkan desain mewah plus elegan. Berbeda dengan tampilan Pajero Sport yang cenderung kaku dan terlihat fungsional.

Jika melirik bagian kabin New Fortuner, tampak ruang penyimpangan yang luas. Mulai dari bottle holder di beberapa kantung doortrim, cupholder yang dapat disembunyikan masuk ke dashboard dan ruang penyimpangan dingin yang ada di atas glove box. Satu lagi, tempat meletakkan smartphone di sekitar power outlet untuk penumpang bagian belakang. Tidak mengherankan jika mobil Toyota terbaru ini cocok untuk Anda gunakan sebagai mobil keluarga maupun untuk berpetualang.

Soal performa dan transmisi, memang New Toyota Fortuner ini kalah dari Pajero Sport. Namun, Toyota menyediakan berbagai tipe berkendara. Salah satunya adalah Eco mode yang dikenal sebagai tipe Fortuner yang irit, atau memilih Powerful yang memberikan perfoma memadai ketika diajak berlari kencang. Ya, meski kalah tenaga dan torsi, tetap saja performa dari mesin diesel New Toyota Fortuner ini tetap memberikan keasikan tersendiri.

Perbedaan yang mencolok antara Fortuner dengan Pajero Sport adalah berat karena belum menggunakan electric power steering, dan rasanya kurang nyaman. Maklum saja jika Toyota Fortuner unu struktur rangka sesuai dengan yang digunakan oleh double cabin Toyota Hi-Lux. Secara sederhana Fortuner diesel dipersiapkan untuk melahap jalanan non aspal. Oleh sebab itu, mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi. Mungkin bisa Anda gunakan untuk menerjang genangan air.

Fitur yang disediakan oleh Fortuner tidak bisa dibilang biasa saja. Pertama, Fortuner memiliki sistem multimedia layar sentuh yang canggih. Terdapat navigasi dan bisa terhubung dengan ponsel pintar melalui kabel miracast. Uniknya, Toyota Fortuner ini pengoperasiannya disediakan oleh ragam cara. Bisa disentuh secara langsung ke monitor, atau bisa menekan ke tombol yang ada di lingkaran kemudi, atau menggunakan perintah suara. Malahan, terdapat air gesture. Jadi, Anda hanya perlu melambai jika ingin membesar atau mengecilkan suara maupun ingin mengganti lagu. Untuk head unit audionya dapat Anda putar video dan tidak perlu khwatir jika penumpang di belakang terhalang dikarenakan roof monitor lebih menghibur daripada sunroof.

Fitur yang mendukung Fortuner selanjutnya adalah kemudi MID yang memiliki beragam informasi nan unik. Tidak hanya bisa menampilkan daya guna bahan bakar, fitur tersebut bisa menghitung nominal uang yang bisa Anda perhemat sepanjang perjalanan. Fitur lain yang membuat New Toyota Fortuner ini dihargai setengah miliar adalah paddle-shif, pengaturan kursi dan pintu elektrik, dan jok kulit. Soal pendingin ruangan (AC) sudah tersedia digital lengkap dengan fungis otomatis. Jangan lupa, di Fortuner ini ada cruise control plus smartkey dan tombol start-stop tidak ketinggalan.

Jika disebut sebagai mobil yang nyaman memang tidak salah karena mobil Fortuner memiliki kekedapan kabin yang harus diacungi jempol. Suara mesin diesel terkenal berisik, namun tidak akan terdengar sampai ke dalam kabin. Bantingan suspense tidak bisa dibilang empuk. Tidak jauh berbeda dengan kompetitornya. Ya, maklum saja jika Fortuner ini memiliki ciri khas penggunaan chassis ladder-frame.

Terakhir, SUV New Toyota Fortuner VRZ Diesel TRD Sportivo 4×2 AT dibandrol dengan harga sebesar Rp529.300.000 yang lebih murah dari Pajero Sport Dakkar Ultimate 4×2 dengan harga Rp556.000.000.

You May Also Like

About the Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *