Cara Membedakan Flu dan Rhinitis Alergi

Ketika anda mengalami alergi maka membedakan mana gejala flu yang disebabkan oleh alergi atau disebabkan oleh flu merupakan sesuatu yang menyulitkan. Hasilnya pun banyak orang yang sering salah mengkonsumsi obat karena tidak tahu bedanya pilek karena flu dan rhinitis alergi. Terkadang kita bingung menganggap pilek flu itu rhinitis dan akhirnya anda minum obat untuk mengatasi flu. Sebaliknya ketika anda mengalami gejala alergi anda mengkonsumsi obat flu.

Kalau anda sudah mengalami hal ini maka penanganan obat menjadi tidak efektif. Nah, agar tidak terjadi lagi masalah ini secara terus menerus maka silahkan pahami dulu tentang perbedaan antara flu dan rhinitis alergi.

Mengenal Perbedaan Gejala Rhinitis dan Flu

Menurut pakar dokter, untuk membedakan itu semua sebenarnya tidak terlalu rumit. Kalau gejala alergi ini biasanya seseorang akan merasakan sering terjadi gejala pilek dan sudah memiliki pola yang mudah kita amati. Ketika udara dingin dan berdebu dan lingkungan yang banyak bunganya. Apabila seseorang itu mengalami gejala alergi maka sebelum hidungnya tersumbat dan bersin, biasanya hidungnya terasa sangat gatal.

Ketika seseorang itu mengalami alergi, maka ketika keluar dari lingkungan yang berdebu maka gejala tersebut akan lebih cepat hilang. Gejala ini tidak menunggu berhari-hari untuk sembuh. Jadi gejala alergi ini tidak disertai berbagai gejala lainnya seperti flu.

Kalau penyakit pilek ini biasanya disebabkan oleh penyakit flu. Gejala ini tidak berpola seperti ciri-ciri dari gejala alergi. Penyakit flu ini biasanya akan menyerang tubuh ketika kekebalan tubuh seseorang sedang menurun. Kalau flu, kondisi hidung tidak segatal penderita alergi. Flu ini biasanya akan bertahan lebih lama daripada gejala alergi.

Penyakit flu ini walau penderitanya sudah minum obat, namun tetap saja bertahan dalam hitungan hari untuk sembuh. Kalau alergi yang dipicu oleh alergen ini bisanya akan berkurang dengan cepat tanpa menunggu hari.

Salah satu ciri utama gejala alergi dan penyakit flu ini adalah durasi. Jadi kalau penderita penyakit pilek ini akan berlangsung lama dan dapat bertahan dalam hitungan hari. Jadi dapat disimpulkan kalau itu penyakit flu. Berbeda lagi kalau pilek yang berlangsung hanya beberapa saat saja. Pilek itu terjadi pada kondisi tertentu saja. Maka kemungkinan besar itu merupakan gejala alergi.

Selain itu anda juga harus memperhatikan berbagai gejala lainnya. Kalau seseorang itu mengalami pilek maka biasanya disertai dengan sakit kepala, demam, batuk dan nyeri sendi. Biasanya penderita flu ini akan mengalami tubuh yang lemas. Kalau gejala rhinitis alergi ini tidak ada gejala yang menyertai seperti demam dan sakit kepala.

Ketika anda sudah menyimak penjelasan diatas, namun masih saja bingung maka anda bisa lihat anggota keluarga yang lebih tua. Ketika anda sering melihat orang tua anda sering mengalami gejala hidung tersumbat dan disertai bersin pada kondisi tertentu maka kemungkinan anda mengalami gejala yang sama. Ini sering terjadi karena gejala alergi ini merupakan kondisi yang diwariskan oleh generic.

Langkah terakhir ketika anda masih saja belum merasa yakin maka disarankan untuk berkunjung ke rumah sakit. Untuk mendapatkan kepastian dan pemeriksaan yang lebih akurat. Pihak dokter biasanya akan menanyakan apa saja gejala yang dialami sebelumnya dan menanyakan riwayat kesehatan anda. Barulah dokter akan memeriksa kondisi anda. Dengan demikian anda bisa mengetahui pasti mengenai kondisi anda saat ini.

You May Also Like

About the Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *